Mark Zuckerberg Pendiri Facebook Kunjungi Indonesia

Sebagai negara kedua terbanyak pengguna Facebook didunia akhirnya membuat CEO sekaligus pendiri Facebook berkunjung ke Indonesia. Kehadiran boss FB di Indonesia guna menghadiri beberapa agenda penting yang diadakan oleh Internet.Org yang selama ini sangat giat dengan program untuk membangun jaringan Internet keseluruh penjuru dunia namun dengan biaya lebih terjangkau. Seperti dilansir detik.com, setelah tiba ditanah air – Mark menyempatkan diri untuk mengunjungi candi Borobudur yang juga termasuk salah satu keajaiban dunia – bahkan suami dari Priscilla Chan ini telah mengunduh foto matahari terbit pada akun Twitter miliknya yang di-capture diatas candi Borobudur. Seperti sudah diberitakan sebelumnya, baik oleh portal berita lokal maupun internasional bahwa Indonesia kini telah menjadi salah satu wilayah penentu kemajuan ekonomi global dimana internet telah menjadi salah satu media penghubung dengan biaya yang relatif lebih terjangkau. Dengan wilayah yang luas serta jumlah penduduk keempat terbanyak didunia maka para investor khususnya dibidang TI (Teknologi Informasi) terus melirik Indonesia sebagai tempat berinvestasi dan salah satunya adalah Facebook Inc. yang memiliki layanan sosial media terbesar didunia dan banyak digunakan oleh publik di Indonesia.

Artikel terkait : Facebook dominan layanan sosial media

Selain mengikuti acara dari Internet.Org, Mark juga dikabarkan akan menemui sejumlah pejabat di Jakarta diantaranya adalah presiden terpilih Bapak Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu upaya untuk melobi pemerintahan yang akan datang terhadap perkembangan internet di Indonesia. Langkah yang cukup bagus ini tentu saja perlu ada regulasi dari pemerintah untuk mengantur sekaligus melobi Facebook Inc agar mereka mengikuti langkah Google Inc untuk membuka kantor perwakilannya ditanah air sehingga tak hanya terkesan untuk meraup keuntungan dari layanan periklanan yang juga digunakan oleh para pebisnis besar maupun UKM dari Indonesia namun memberikan bahkan membuka lapangan kerja baru sekaligus membina anak muda Indonesia yang memiliki bakat dalam dunia pemrograman serta menjadi contoh bagi start up lokal tentang cara membangun sekaligus menjalani start up masing-masing. Semangat muda ala Mark memang sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan diantara para pelaku Startup dan Technopreneur ditengah gempuran para kapitalis.

mark facebook di candi borobudur
Matahari terbit diambil dari Candi Borobudur by Mark Zuckerberg

Google dan Facebook Mulai Melirik Wilayah Asia

Sebelumnya Eric Smitdh yang juga diketahui sebagai CEO Google Inc pernah mengunjungi Indonesia dan bertemu presiden Bapak Susilo Bambang Yudhoyono serta Bapak Tifatul selaku Menkominfo saat itu kemudian membuka kantor Google di Indonesia meskipun hingga kini perannya masih sangat minim. Mungkin saja mereka lebih fokus pada sosialisasi produk dibandingkan untuk menghandle berbagai permasalah diantaranya Google Adwords dimana hingga kini masih saja dihandle secara langsung oleh perwakilan Google di Singapura. Langkah yang dilakukan pendiri Facebook mungkin saja mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Eric Smitdh sebab saat ini banyak pelaku bisnis besar, menengah maupun kecil yang memanfaatkan layanan Facebook Ads, Group, maupun FB Fan page untuk mempromosikan produknya karena menurut mereka bahwa beriklan dengan FB Ads target audience lebih tepat apalagi penggunaan FB versi mobil terus meningkat belakangan ini.

Namun biar bagaimanapun kita patut berterimakasih sebab perusahaan search engine raksasa ini telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang perlu mendapat perhatian khusus mengingat pengguna internet terus bertambah setiap hari. Jika Facebook Inc nantinya mengikuti apa yang sudah dilakukan Google maka sebentar lagi akan ada anak bangsa yang dengan bangga mengatakan bahwa “kami bekerja di Facebook” bukan? Ya, kita berharap semoga mereka membuka lapangan kerja yang baru bagi anak muda Indonesia yang dikenal sangat kreatif tentunya.

Related Posts: