Facebook Masih Mendominasi Layanan Sosial Media

Waktu terus berganti dan pendatang baru dalam bisnis IT terus bermunculan sehingga mengingatkan kita diawal tahun 2000-an dimana saat itu masih ada Friendster.com sebagai satu-satunya sosial media atau tempat berkumpulnya orang-orang dengan berbagai macam tujuannya masing-masing. Setelah itu hadirlah Facebook.com dengan berbagai fitur serta UI (User Interface) yang mudah dioperasikan semua orang membuatnya menjadi satu-satunya sosmed paling digemari hingga kini. Meski Google hadirkan G+ namun sejauh ini belum mampu menyaingi kedigdayaan FB yang peringkat 4 pengguna terbanyak justru datangnya dari Indonesia. Mark Zuckerberg sangat memahami apa yang diinginkan oleh para pengguna Internet meski awal pembuatan FB sendiri hanya dikhususkan bagi kalangan kampusnya Mark. Ketersediaan fitur merupakan keunggulan Facebook bahkan kini anda juga bisa beriklan melalui layanan iklan yang disebut Facebook Ads.

logo facebook terbaru

Ketika awal peluncurannya, berulang kali Google Inc dan Microsoft mengemukakan keinginan mereka untuk mengakuisisi Facebook namun anak muda yang bernama Mark dengan sangat percaya diri menolak kedua perusahaan raksasa dibidang IT (Informasi dan Teknologi) tersebut bahkan dengan nyeleneh Mark mengatakan bahwa “Bagaimana jika saya yang mengakusisi Google dan Microsoft?”. Disini menunjukan bahwa pendiri Facebook ini tak ingin karyanya diambil oleh Eric Smitdh yang notabene CEO Google serta Bill Gates sebagai pendiri Microsoft. Dengan kemampuan coding yang dimilikinya, Mark terus melakukan pembenahan dan improvisasi dengan inovasi-inovasi terbaru hingga kita bisa memanfaatkan layanan Sosial Media ini baik untuk penggunaan secara personal maupun bisnis.

Berdasarkan data yang dirilis oleh The Next Web hingga kini pengguna Facebook telah melewati angka 1,19 miliar dengan presentasi 18 persen pengguna aktif bulanan, 25 persen untuk pengguna aktif harian, sedangkan 45 persen adalah pengguna mobile aktif bulanan. Sedangkan pengguna terbanyak secara berturut-turut dari negara Amerika Serikat, Indonesia, India, Brazil, Meksiko, Turki, United Kingdom, Filipina, Prancis, dan Jerman. Mudah dan murahnya akses internet telah membawa Indonesia menempati urutan kedua pengguna Facebook terbanyak sehingga banyak website e-commerce lokal yang mengiklankan produknya melalui layanan FB Ads.

Pengguna Facebook Mobile Lebih Banyak Dibandingkan Versi Dekstop

Di-develop-nya Facebook versi mobile telah menorehkan prestasi tersendiri dimana keinginan para pengguna untuk mengakses akunnya dari smartphone maupun Tablet terus bertambah. Dengan adanya peningkatan pengguna maka Facebook Inc sebagai perusahaan internet multinasional yang juga mengoperasikan Facebook meraup banyak keuntungan dari para advertiser dari seluruh dunia. Beberapa situs yang mengcover berita tentang perkembangan dalam dunia IT terkemuka seperti Techcrunc memberitakan bahwa pendapatan Facebook naik hingga 60% persen dimana pada bulan September 2014 mereka mendapat keuntungan hingga 1,8 miliar dollar Amerika Serikat. Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Total pendapatan (revenue) akan terus bertambah jika kedepannya belum ada perusahaan yang dapat mengurangi popularitas Facebook. Raksasa mesin pencari seperti Google memang terus berusaha untuk mengurangi dominasi FB dimana mereka juga telah menghadirkan layanan terbarunya yaitu www.globallshare.com namun rasanya masih sangat sulit untuk menandingi brand image yang dimiliki Facebook saat ini. Sebagai salah satu pengguna FB tentu kita berharap perusahaan lokal juga melakukan hal demikian sehingga segala pendapatan dari situs jejaring social akan kembali memberikan devisa bagi Negara tentunya.

Jika nanti ada perusahaan lokal yang sukses dalam membangun layanan sosial media juga akan membutuhkan banyak profesional muda dibidang IT sehingga anak bangsapun dapat berkreasi tanpa harus pergi keluar negeri untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang sesuai keahliannya. Sebagai salah seorang pengguna FB kami sarankan kepada anda untuk tetap menggunakannya dengan bijak dan jadikan sosmed sebagai sebuah untuk berinteraksi dengan orang lain.

Related Posts: